Cara Penyuluhan Pertanian Dengan Website dan Blog -->
Terbaru
Loading...

Sabtu, 29 Juni 2019

Cara Penyuluhan Pertanian Dengan Website dan Blog

Penyuluh berbagi informasi dengan petani (Photo hanyalah ilutrasi dari Independensi)

Melakukan Penyuluhan pertanian yang di atur dalam undang undang atau peraturan banyak sekali piranti pirantinya yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan penyuluhan pertanian di antaranya metode, media dan alat bantu penyuluhan Pertanian.

Dulu paling sering kita jumpai media alat batu itu hanya berupa Kertas koran dan bahan penyuluhan, namun dewasa ini kita makin di mudahkan dalam menggunakan alat alat tersebut, di antaranya LCD Projector, aplikasi pembuatan Video dan Fasilitas Website dan Blog.

Dalam hal ini saya akan mengulas tentang Media Penyuluhan dengan Media Elektronik yang berbasis Website. Sebelum kita lanjut mungkin saya perlu menjelaskan apa itu website.


Media Website dan Blog

Situs web dan blog adalah kumpulan halaman web terkait, termasuk konten multimedia, biasanya diidentifikasi dengan nama domain umum, dan diterbitkan pada setidaknya satu server web. Contoh yang patut dicatat adalah wikipedia.org, google.com, dan amazon.com. Hari ini sekitar 380 situs web baru dibuat setiap menit di seluruh Dunia termasuk blog Posluhdes Mujur saya ini salah satunya.


Dasar Hukum

Peraturan Menteri Pertanian Nomor : 35/Permentan/OT.140/7/2009 Tanggal : 24 juli 2009 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian Dan Angka Kredit dijelaskan bahwa :

  • Penyuluh Pertanian Muda (III/c - III/d),  Melaksanakan penyuluhan melalui media elektronik (radio, TV, website).Tolok ukur : Terlaksananya penayangan penyuluhan melalui media elektronik (radio, TVRI maupun TV swasta, website). Bukti fisik : Surat keterangan (Form F). Pemberian angka kredit : Angka kredit maksimal yang dapat diberikan untuk setiap laporan, yaitu 0,082.
  • Penyuluh Pertanian Madya (IV/a - IV/c), yaitu Merencanakan penyuluhan melalui media elektronik (radio, TV, website). Tolok ukur : Tersusunnya rencana penyuluhan melalui media elektronik (radio, TVRI maupun TV swasta, website). Bukti fisik : Laporan pelaksanaan (Form A); dan Bukti hasil pekerjaan berupa naskah penyuluhan melalui media elektronik (radio, TVRI maupun TV swasta, website). Pemberian angka kredit : Angka kredit maksimal yang dapat diberikan untuk setiap rencana yaitu 0,479
  • Penyuluh Pertanian Utama (IV/d - IV/e), yaitu Menyusun materi penyuluhan pertanian dalam bentuk bahan website Tolok ukur : Tersusunnya materi penyuluhan pertanian yang dipublikasikan melalui website. Bukti fisik : Laporan pelaksanaan (Form A); dan Bukti hasil pekerjaan berupa hasil cetak materi penyuluhan pertanian dari website. Pemberian angka kredit : Angka kredit maksimal yang dapat diberikan untuk setiap materi, yaitu 0,408.
Menjadi Petani dengan kemampuan akses dan publikasi digital bukan hal yang tabu lagi (Photo oleh jokosusilo.com)

Cara Penyuluhan melalui Website dan Blog

  • Memasang artikel di Website atau Blog orang lain. Hal ini bisa di lakukan jika anda mempunya koneksi dengan pengembang Website atau Blog tersebut misalnya web www.pertanian.go.id www.deptan.go.id dan masih banyak lagi termasuk juga Blog Posluhdes Mujur Jaya ini.
  • Membuat Website atau Blog Sendiri. Anda dapat Membuat website sendiri dengan mendaftarkan di www.blogger.com atau di www.wordpress.com. Nah tentu ini memerlukan keahlian dalam mengelolanya. Jika anda mempunyai tim khusus yang mampu membuat dan mengelolanya adalah satu bonus bagi Posluhdes yang anda kelola.

Siapa yang akan membayar Penyuluh melalui Website atau Blog

Ini mungkin penting di era ini, hampir semua kegiatan membutuhkan biaya Termasuk pembuatan web itu sendiri tentunya ada hal hal lain yang menimbulkan biaya.

Perlu di ketahui selain memerlukan biaya anda juga sebagai penyuluh tentunya akan mendapatkan penghargaan dan bayaran karena telah melakukan kegiatan penyuluhan melalui website atau blog. Lalu Siapa yang Bayar ?

  • PEMERINTAH : anda akan di bayar oleh pemerintah melalui pundi-pundi Angka kredit yang telah menjadi hak anda sebagai penyuluh atau tim yang membuat dan mengelolanya, tidak perlu saya jelaskan secara detil pasti anda sudah tahu sendiri maksud saya yang jelas uang tersebut melekat terus di gaji pokok dan diresakan secara terus menerus walau sudah purna bakti.

Nah Jadi Jelas bukan, bahwa seorang penyuluh bisa berkarya secara profesional untuk Posluhdes-nya dan mengangkat nama baik Posluhdes yang di kelolanya ke peringkat publikasi melalui media online.

Jadi tunggu apalagi, silahkan berkarya sebaik mungkin dan untuk saudara yang ingin memanfaatkan blog ini silahkan berkomunikasi dengan tim Posluhdes Mujur Jaya, untuk pembahasan lebih lanjut. Bagi rekan-rekan pengelola Posluhdes lain dan ingin memiliki Website atau Blog Posluhdes-nya sendiri, Posluhdes Mujur Jaya juga mampu membantu pembangunan dan pengelolaan Website dan Blog secara berkala untuk Posluhdes yang anda kelola.


Saipul Bakri
Tim IT Posluhdes Mujur Jaya
Desa Karangtawang, Kec/Kab. Kuningan, Jawa Barat

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notifikasi :
Selamat Datang di situs web Posluhdes Karangtawang.
Semoga bermanfaat untuk semua pengunjung!
OK