Kedatangan Tamu Senior Penyuluhan untuk "peresmian" LABORATORIUM LAPANG JARKOMLUHDES -->
Terbaru
Loading...

Kamis, 22 Agustus 2019

Kedatangan Tamu Senior Penyuluhan untuk "peresmian" LABORATORIUM LAPANG JARKOMLUHDES

Kedatangan Tamu Senior Penyuluhan untuk "peresmian" LABORATORIUM LAPANG JARKOMLUHDES
Kunjungan PPL Senior antar Posluhdes dari berbagai Kabupaten di Jawa Barat

Hari ini (21 Agustus 2019 - red) Posluhdes Karangtawang kedatangan tamu yaitu Abah Haji Kosasih Odang (PPL Senior Bandung), Bapak Gunawan, Bapak Ardi serta para koordinator Admin Jarkomluhdes berprestasi yaitu Bapak Ayi Supriatna dari Kab. Bandung, Bapak Yosep Mulyana dari Kab. Garut dan Bapak Diman Mardian dari Kab. Ciamis.

Kunjungan para tetamu terhormat ini, kami (Posluhdes Karangtawang) sambut di lokasi Blok Sawah Kapatihan yang termasuk dalam area Dusun Jatinunggal.

Turun Hadir dari Dinas Pertanian Kabupaten Bapak Komar dan Bapak Hadi berserja jajaranya ikut memberikan aspirasi dan dukungan.

Dalam rangka kedatangan ini Posluhdes Karangtawang mendapat kesempatan secara perdana, untuk pertama kalinya Posluhdes Desa Karangtawang menjadi LABORATORIUM LAPANG JARKOMLUHDES yang "diresmikan" oleh Bapak Gunawan sendiri bersama rombongan.

Para Tetamu dan Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan fokus mendengar penjelasan dari Abah Odang kepada Poktan.

Menurut Bapak Gunawan sebagai penyedia layanan JARKOMLUHDES, Karangtawang terpilih karena kemampuan sumberdaya, lokasi dan kamampuan tim Posluhdes Karangtawang yang mandiri dari segi Teknologi Informasi dalam penyelenggaraan jika nanti pertanian berbasis teknologi di adobsi oleh petani di sekitarnya.

Pembukaan dan taklimat singkat dari H. Kosasih Odang atau Abah Odang (PPL Senior Bandung)

Dalam Rangka pemerintah sedang berinovasi dalam mengembangan program "PETANI MILENIAL" tentu teknologi tidak jauh dari kalangan Milenial ini tanpa harus mengucilkan "Petani Jaman Kolonial".

Istilah "Petani Jaman Kolonial" penulis pinjam dari ucapan Bapak Haji Kosasih Odang (Abah Odang) dimana meski Petani Milenial mempunyai kemampuan menguasai teknbologi, tentu petani warga emas seperti Abah Odang dan yang lainya juga mampu berkolaborasi bersama.

Trial Demo Drone oleh Tim Penyedia Layanan Jarkomluhdes

Banyak hal yang di sampaikan oleh Moderator Acara hari ini yang di pandu oleh Abah Odang dengan penjelasan yang santai dan di sulami canda dan tawa namun menggelitik dan penuh edukasi. Penulis melihat, pendekatan Abah Odang dalam menjelaskan segala macam permasalahan pertanian sangat mudah di adopsi oleh kalangan manapun.

Turun hadir salah satu poktan Bapak Edi dan anggota yang rata berusia kalangan muda. Masing-masing dari mereka menggarap aneka jenis tanaman termasuk strawbery, pepaya, vanila, tomat cabe dan lainya.

Dalam rangka acara ramah tamah  dan bersantai tersebut di ada Quiz sebuah pertanyaan dari Abah Odang, dimana yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar dan lengkap akan di berikan Hadiah FlashDisk OTG dengan kapasitas 32GB. Dan ternyata berhasil di jawab oleh Ibu Ninin Setianingsih PPL Wilayah Binaan IV dari UPTD Kuningan yaitu PPL untuk desa Karangtawang.

Hadiah Quiz dimenangi oleh Ibu Ninin Setianingsih PPL Wilayah Binaan IV

Sungguh banyak kesempatan yang didapat dan direncanakan buat Posluhdes Kaarangtawang dan semoga Posluhdes Karangtawang mampu membawa membantu menyuluh pertanian kepada petani dan masyarakat keseluruhanya.

Bapak Ardy dari Tim Penyedia Layanan Jarkomluhdes dengan Peralatan Drone yang di jadikan alat Demonstrasi

Di kesempatan itu juga Bapak Gunawan bersama Tim beliau ikut mendemontrasikan penggunakan Drone yang mampu membuat liputan tanaman pertanian dan perkebunan untuk dilakukan analisis.

Bahkan menurut beliau (Bapak Gunawan - red), selain drone yang berfungsi melakukan analisis ini, mereka juga mempunyai tim khusus yang melayani Drone dengan kemampuan menyiram petisida dan pupuk dalam skala besar. Tentu hal ini cukup bermanfaat, murah dan mampu mengurangi biaya pekerjaan pertanian dan efesiensi waktu yang cukup baik.

Sedang fokus menyimak proses Demo dan Trial Drone bagi pengawasan pertanian dan pertkebunan.

Semoga kedepanmya Posluhdes Karangtawang mampu memberikan yang terbaik dan menerima yang baik juga dari petani, kepada petani dan untuk petani. Tentu Posluhdes Karangtawang tidak mampu melakukannya sendiri tanpa dukungan dari pemerintah Desa, Elemen Masyarakat dan khususnya Petani itu sendiri.

Berikut dibawah ini kami bagikan photo-photo kegiatan ;- (kredit photo oleh Ibu Ninin Setianingsih)


Salam Petani!

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notifikasi :
Selamat Datang di situs web Posluhdes Karangtawang.
Semoga bermanfaat untuk semua pengunjung!
OK