Begini cara menanam Singkong Berbuah Banyak dan Besar -->
Terbaru
Loading...

Kamis, 25 Juli 2019

Begini cara menanam Singkong Berbuah Banyak dan Besar

Singkong berkualitas besar dan banyak (gambar oleh bebeja.com)

Menanam Singkong yang benar agar berbuah banyak dan besar merupakan keinginan terbesar dari semua petani khususnya di Indonesia, banyak sekali petani gagal di bidang pertanian singkong karena kebanyakan dari mereka tidak menyadari bahwa ada Cara tersendiri untuk Menanam Singkong Agar Berbuah Banyak. Tentu kebanggaan yang tidak akan pernah terlupakan jika Anda berhasil menanam singkong dengan hasil yang berkualitas. Artinya singkong yang anda tanam mampu berbuah banyak dan memiliki ukuran yang besar.

Singkong ada dua jenis dengan bahasa Indonesia yaitu ubi kayu dan ubi jalar. keduanya memiliki nama yang sama tapi dengan arti yang berbeda. Untuk kali ini kami hanya akan memberikan beberapa tips cara menanam singkong dengan teknik budidaya yang baik yang bisa anda terapkan di pekarangan rumah maupun sawah.

Budidaya singkong

Panduan Lengkap Budidaya Singkong Yang Baik dan Benar ini telah saya buktikan sendiri di lahan sempit yaitu pekarangan rumah juga sawah sendiri. Anda tidak perlu membeli pupuk jenis apapun, semua permasalah yakni cara Menanam Ubi Kayu / Singkong Berbuah Banyak dan Besar ini hanya bisa Anda temukan disini. Untuk itu silahkan simak panduannya dibawah ini.


Bagaimana cara Menanam singkong agar berbuah banyak

Ada beberapa tips yang harus Anda ketahui agar hasil kerja keras Anda membuahkan hasil... Tentu itu kan yang Anda inginkan...? Berikut Tips Yang perlu Anda Ketahui untuk memperoleh hasil panen yang melimpah:

  • A. Pemilihan Bibit Singkong

Bibit yang baik adalah kunci keberhasilan Anda dalam masa panen nanti.. Seperti apa bibit singkong yang baik...? Bibit Singkong yang baik yaitu pohon tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda. Hal ini merupakan cara untuk memperoleh singkong hasil maksimal.
Ciri-ciri bibit singkong yaitu:

  1. Warna Pohon Tidak terlalu Putih atau Kekuningan ( Bibit sudah Tua) 
  2. Warna Pohon Tidak Terlalu Hijau atau kemerahan ( Bibit Masih Muda) 

Nah untuk mendapatkan bibit yang berkualitas ambillah Batang pohon singkong di mulai dari bawah dengan jarak keatas 40 cm. Maksudnya 40 Cm kebawah jangan Anda gunakan sebagai bibit. Itu sudah tua dan untuk batas pemotongan keatas yaitu dengan melihat mata tangkai. Jika menurut Anda mata tangkai sudah terlalu muncul dan warna kulit kehijauan jangan Anda gunakan untuk pembibitan.

  • B. Ukuran Bibit

Perhatikan juga ukuran bibit yang akan anda gunakan untuk ditanam. Ukuran bibit yang baik yaitu dengan panjang maksimal 35 Cm dan dengan Diameter 6 Cm. Jika anda mampu mengkalkulasi kan pembibitan tersebut, saya yakin di masa panen nanti Anda kan mendapatkan banyak buah singkong dalam satu pohon.

Tips diatas sudah saya buktikan sendiri dirumah dan hasil yang saya dapatkan sesuai dengan yang saya harapkan yaitu singkong mampu berbuah banyak tapi buah yang dihasilkan masih berukuran kecil. Untuk itu agar lebih puas yaitu agar buah singkong menjadi besar ada yang harus diperhatikan dalam proses penanaman singkong yaitu tentunya menggunakan cara budidaya singkong yang baik.

Untuk memperbesar ubi singkong Anda harus tahu cara menanam singkong yang benar dan juga Anda harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini:


  • A. Perhatikan Jarak Tanaman Ubi / Singkong Yang baik

Harusnya Anda menyesuaikan jarak antar tanaman satu dengan yang lainnya. Untuk mengetahui jarak penanaman yaitu dengan memanfaatkan logika pikiran Anda. coba Jawab Pertanyaan ini, "Berapa Ukuran Panjang singkong yang berkualitas Unggul....?"

Jarak Tanaman Singkong perlu mendapat perhatian (gambar oleh desapertanian.com)

Pada Umumnya, Ukuran Panjang singkong yang memiliki kualitas unggulan mencapai 50 Cm - 60 Cm dan pasti dengan singkong berukuran tersebut memiliki tekstur ukuran yang besar pula. Maka dari itu saya sarankan berilah jarak Tanaman minimal antara 70 Cm - 80 Cm untuk satu tanaman dengan tanaman lainnya, hal ini akan memudahkan singkong dalam mencari kadar air yang terkandung dalam tanah sehingga dengan demikian singkong memperoleh makanan yang diperlukan untuk pertumbuhannya.


  • B. Perhatikan Tekstur Tanah yang akan ditanami Singkong

Hal ini merupakan hal penting yang harus Anda ketahui yaitu cara menanam singkong yang baik dan benar.. dibutuhkan Lahan dengan tanah Gambur mengandung sedikit kadar air artinya tanah yang akan digunakan untuk menanam singkong adalah jenis tanah yang tidak lembab tetapi mengandung air. Jika tanah yang digunakan terlalu lembab maka hasil dari isi singkong sendiri akan kecil bulat dan rasa tidak enak karena banyak mengandung kadar air tadi.

Bisanya didaerah pegunungan banyak lahan tanah dengan kadar air yang tinggi, dengan demikian hasil perolehan singkong yang ditanam akan banyak mengandung kadar air dan juga tidak terlalu besar. Untuk mengatasi hal ini silahkan Cangkul tanah tersebut atau buat gundukan dengan tinggi 15 Cm untuk menghindari kelembaban yang berlebihan yang mengakibatkan pertumbuhan kurang baik

Semua Tips cara menanam singkong diatas adalah yang biasa para petani singkong sukses terapkan. Mudah mudahan Anda mampu memahami informasi tersebut. Untuk cara menanam singkong bisa anda lihat lihat dibawah ini,


Cara Menanam Singkong

Silahkan Anda Tanam Batang pohon Sedalam 10 Cm atau kurang dari ukuran tersebut, tujuannya untuk tidak menancapkan Batang pohon terlalu dalam yaitu agar akar mudah tumbuh dan menyebar yang nantinya akan membuahkan singkong yang besar, kemudian jika sudah berumur 2 Minggu yaitu pohon singkong sudah tumbuh Dau 3 - 4 tangkai Silahkan Anda Bacok atau dengan kata lain gemburkan tanah kembali dengan cara mencangkul dan meninggikan gundukan di bawah pohon singkong.

Tujuannha untuk proses penyebaran akar yang nantinya akan menjadi bakal singkong untuk tumbuh kebawah dan samping sehingga akan menghasilkan singkong yang besar nantinya sambil menghembuskan tanah gunakan juga pupuk kandang secukupnya agar membantu proses penguburan sehingga perkembangan tanaman singkong akan cepat dan baik.

Silahkan tunggu sampai batas waktu masa panen yaitu berkisar antara 8 - 9 bukan atau dengan ciri ciri yang terlihat yaitu singkong yang sudah siap dipanen mempunyai ciri-ciri daun mulai mengurangi dan tangkai mulai gugur itu menandakan bahwa singkong siap di panen.

Bagaimana, apakah cara menanam singkong ini bisa membantu Anda. Silahkan Anda praktekkan di pekarangan rumah terlebih dahulu dengan skala kecil agar tidak memakan waktu lama dan jika berhasil Anda bisa mengulang dengan penanaman skala besar dan apabila hasil praktek Anda kurang memuaskan Anda bisa baca kembali informasi cara menanam singkong ini dan bisa Anda amati ulang sampai benar-benar paham.


Sumber: hargamedia

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notifikasi :
Selamat Datang di situs web Posluhdes Karangtawang.
Semoga bermanfaat untuk semua pengunjung!
OK