Produk Kerupuk Seblak Kreasi Makanan Cemilan -->
Terbaru
Loading...

Rabu, 24 Juli 2019

Produk Kerupuk Seblak Kreasi Makanan Cemilan

Produk Kerupuk Seblak Kreasi Makanan Cemilan
Aneka Kerupuk Seblak Dua Putri

Oleh Ilham Badru Zaman


Memang tidak di pungkiri ada banyak makanan cemilan atau jajanan pasar hasil kreasi ibu rumahtangga yang enak di pasaran. Namun beberapa di antaranya cukup enak dan membuat kita ingin memakanya lagi.

Kreasi Industri jajanan pasar rumahan oleh ibu-ibu rumahtangga adalah salah satu inisiatif warga dalam menunjang atau menambah ekonomi keluarga. Salah satunya Kerupuk Seblak buatan Ibu Iyus Restini dari Desa Karangtawang ini.

Tanpa sengaja penulis melihat makanan ringan yang terlihat gurih dan enak ketika penulis berbelanja di sebuah warung tak jauh dari rumah penulis.
Sambil memesan kopi penulis mencoba Kerupuk Seblak yang menjadi lirikan pandang pertama.
Terdapat dua jenis ukuran bungkusannya, saya mencoba yang kecil. Saya tanyakan kepada Ibu Iyusnya berapa harganya...

"Bu berfapa harga kerupuk ini perbungkusnya?" Sambil membuka bungkus yang kecil dan mulai memakanya.

"Oh yang kecil sebungkus dua ribu, dan yang bungkus besar lima ribu". Jawab si ibu sambil beres-beres warungnya.

Aneka Kerupuk Seblak Dua Putri kreasi Ibu Iyus Restini

Sambil melahap kerupuk tersebut saya mulai merasakan rasa bumbu yang di aduk bersama Kerupuk Seblak tersebut. Tenyata sangat enak dan rasa pedas gurih dan sangat sesuai dimakan bersama nasi atau mie goreng atau makanan lainya.

Sambil menikmatinya saya bertanya kepada si ibu penjual warunngnya,

"Memangnya kerupuk ini terbuat dari apa bu? Enak banget rasanya. Boleh itu jelaskan bagaimana proses pembuatanya, mungkin nanti saya bisa merekomendasikan ke teman-teman yang ingin mencobanya..."

Agak sedikit tertarik untuk menjelaskannya ibu itu mulai bercerita...

Menurut si Ibu warung, kerupuk yang beliau jual tersebut sebenarnya kerupuk yang sudah jadi namun masih mentah. Dan menurut si Ibu, kerupuk itu di olah lagi dengan bumbu-bumbu yang di padukan dengan rasa-rasa pedas, asing dan sedikit manis sehingga ketika dimakan terasa gurih lalu membungkusnya sesuai kebutuhan pembeli.

Tambah si ibu lagi, kalau beliau telah melakukan usaha rumahan dengan sejak lama dan semakin hari ada saja pelanggan yang datang berulang-ulang untuk membelinya.

Sehari si ibu bisa memproduksi lebih 100 bungkus dan kadang jika ada acara kenduri atau hajatan oleh warga, kerupuk seblak ini men jadi salah satu pesanan yang di pesan oleh warga yang mempunyai acara hajatan tersebut.

Tak lupa saya meminta izin kepada ibu warung untuk memphoto kerupuk beliau dan menjelaskan bahwa saya akan menyumbangkan pengalaman ini dalam bentuk tulisan melalui situs blog Posluhdes Karangtawang. Dan si ibu tidak keberatan malah sebaliknya mengucapkan terima kasih karena membantu memediasi kan produk rumahan kerasinya yang enak tersebut.

Bagi yang ingin mencoba bisa lasung ke warung Ibu Iyus Restini di Desa Karangtawang, Dusun Babakan. Atau bisa lansung menghibungi beliau di nomor Telpon/Whatsapp 087847466592

Semoga kedepanya produk-produk hasil kreasi warga ini menjadi contoh yang baik buat para ibu-ibu rumahtangga terutama di perdesaan dimana rata-rata penghasilan warga adalah hasil pertanian.

Tidak mustahil jika produk-produk hasil pertanian lain juga bisa menjadi usaha mandiri warga untuk mampu menyuntik ekonomi dan penghasilan keluarga.

Semoga tulisan ini bermanfaat, Wassalam.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notifikasi :
Selamat Datang di situs web Posluhdes Karangtawang.
Semoga bermanfaat untuk semua pengunjung!
OK