Tasikmalaya akan menjadi kota Tuan Rumah HKP Ke-47 Provinsi Jawa Barat -->
Terbaru
Loading...

Rabu, 10 Juli 2019

Tasikmalaya akan menjadi kota Tuan Rumah HKP Ke-47 Provinsi Jawa Barat

Tasikmalaya akan menjadi kota Tuan Rumah HKP Ke-47 Provinsi Jawa Barat
21 Juni Hari Krida Pertanian (Photo oleh Greeners)

Hari Krida Pertanian adalah hari besar bagi pertanian yang diadakan setahun sekali di Indonesia. Hari ini diperingati oleh tokoh-tokoh pertanian, peternakan, para pegawai dan pengusaha di dalam pertanian dan perkebunan pada setiap 21 Juni.

Tujuan diambilnya tanggal 21 Juni ini mempunyai latar belakang seperti ini:

  • Ditinjau dari sisi astronomis, pada tanggal 21 Juni adalah posisi di saat matahari memberikan tenaga kehidupan bagi tumbuh-tumbuhan, binatang dan manusia, berada pada garis Balik Utara (23 ½° LU), pada saat itu keadaan proses produksi tanaman berakhir dan akan dimulai untuk persiapan produksi selanjutnya sehingga para petani akan menyatakan syukur atas panen raya.
  • Berdasarkan sistem pembagian musim yang disebut Pranata Mangsa, yaitu suatu sistem pembagian musim (12 musim) yang diuraikan secara lengkap meliputi hujan, angin, serangga, penyakit unggas, dan lain sebagainya. Sehingga tanggal 21 Juni dianggap sebagai permulaan musim dan masa yang baik untuk penanaman kembali.

Maka, bisa juga pada hari ini, dianggap sebagai hari bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbangga hati sejenak. Seraya melakukan reboisasi, memeperbaiki irigasi, dan lain-lain. Dari sini, Hari Krida Pertanian merupakan hari penghargaan kepada orang, keluarga dan masyarakat yang dinilai berjasa dan berprestasi dalam pembangunan bangsa dan negara, khususnya pembangunan di sektor pertanian.


Tasikmalaya menjadi Tuan Rumah HKP ke-47 2019

Tahun ini Kota Tasikmalaya menjadi tuan rumah gelaran akbar Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 tingkat Provinsi Jawa Barat yang pelaksanaannnya akan dipusatkan di Stadion Dadaha, Komplek Olah Raga Dadaha Kota Tasikmalaya dari tanggal 16 hingga 18 Juli 2019.

Dikutip dari Indikatornews, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya Iwan Kurniawan, S.IP, SH, M.Si saat Rakor HKP ke-47 di kantornya Jalan Leuwidahu, minggu (7/7/2019) menyatakan;

“Untuk menunjukkan rasa syukur dan penghargaan serta untuk memberikan motivasi atas perkembangan dan keberhasilan di bidang pertanian. HKP kali ini mengusung semangat mewujudkan petani milennial menuju Jawa Barat Juara lahir bathin", papar beliau.

Hari Krida Pertanian (HKP) yang ke-47 tahun 2019 ini menurut Iwan sekaligus merupakan momentum memperingati keberhasilan pembangunan pertanian di Jawa Barat serta sebagai ajang pengembangan minat dan bakat generasi muda terhadap sektor pertanian dalam rangka meregenerasi pelaku utama sektor pertanian untuk kemajuan pembangunan selanjutnya.

Berbagai kegiatan menarik dan menghibur tambah Iwan akan meramaikan HKP ke-47 yang disajikan dalam konsep menarik seperti Rembug Madya, Temu Profesi dan Temu Wicara, Pameran dan Gelar Teknologi serta aneka lomba bagi para insan tani kreatif.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya Iwan Kurniawan, S.IP, SH, M.Si (Photo oleh Indikatornews)

Koordinator seksi Kesekretariatan Ir. Andang Hidayat, menambahkan, HKP ke-47 tingkat Provinsi Jawa Barat akan dihadiri dan dibuka Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan kegiatan inti Rembug Madya KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan), Temu Wicara, Aneka Lomba, Demontrasi pada Stand KTNA Kabupaten/Kota (27 daerah se-Jawa Barat), Teleconfrence pengembangan jaringan Informasi Agribisnis, Temu Profesi, Gelar Teknologi (demplot), Klinik Tanaman, Karya Wisata dan Bakti Sosial serta Temu Usaha.

“Sedangkan produk yang ditampilkan meliputi produk pertanian, peternakan dan perikanan, Prospek investasi dan potensi daerah, pendidikan/lembaga kursus, makanan dan minuman olahan, perusahaan pertanian, hasil pertanian dan perkebunan, mesin-mesin ringan, agrobisnis dan agroindustri serta aneka produk lainnya,” jelas Andang

Untuk menguji pengetahuan dan keterampilan terutama dalam bidang pertanian lanjut Andang, diadakan berbagai lomba untuk para peserta seperti ; Lomba Stand Pameran, Lomba produk unggulan (sayur dan buah), Lomba mengemas benih lele, Lomba bongkar pasang traktor, Lomba asah terampil, Lomba Inovasi teknologi, Lomba Okulasi buah, Lomba Kupas, Belah dan Cungkil Kelapa, Lomba paduan Suara, Lomba Tebak Kelamin DOC serta Lomba membuat Vlog. “Ada pula lomba mewarnai anak TK, Gerakan Minum Susu dan gemar makan Ikan, Mancing Mania dan Wisata ke Objek Wisata Karang Resik serta penyerahan penghargaan setiap lomba,” pungkas Andang.

Sumber: Indikatornews

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notifikasi :
Selamat Datang di situs web Posluhdes Karangtawang.
Semoga bermanfaat untuk semua pengunjung!
OK