Dua hari Akusisi Data dan Presentasi Drone untuk Pertanian -->
Terbaru
Loading...

Sabtu, 31 Agustus 2019

Dua hari Akusisi Data dan Presentasi Drone untuk Pertanian

Dua hari Akusisi Data dan Presentasi Drone untuk Pertanian
Operator Drone dari Eidara Matadata Presisi sedang menguji Drone sebelum melakukan Akusisi Data

Setelah sebelumnya admin telah menulis mengenai Teknologi Drone teknologi untuk pertanian dan Agrobisnis menjadikan petani lebih produktif dimana telah di jabarkan kegunaan dan fungsinitasnya serta manfaatnya.

Nah kemarin (29-30/08-2019) bersama Eidara Matadata Presisi dan Danarta Saudara Sejahtera melakukan Akusisi Data (30/08/2019) di Blok Tajur, Dusun Jatinunggal dan Presentasi (30/08/2019) di Gedung Serbaguna Balai Desa Karangtawang.

Kegiatan ini di inisiasi (Bidang Program) oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan bersama Ibu Ninin Setianingsih sebagai Penyuluh Pertanian dari UPTD Penyuluh Pertanian Wilayah Kuningan Binaan IV, Desa Karangtawang dan Bapak Jajat Duriyat sebagai Koordinator Penyuluh Lapangan dari UPTD Penyuluh Pertanian Wilayah Kuningan.

Turut Hadir bersama Bapak Ibu Ninin Setianingsih, Bapak Jajat Duriyat dan Bapak Otong Madhuri

Hari pertama di sawah Blok Tajur, Dusun Jatinunggal, Desa Karangtaang dilakukan Akusisi Data dimana Drone diterbangkan sesuai Kordinat yang telah di tetapkan untuk membuat perbandingan lahan-lahan yang sudah mulai menanam, lahan yang telah panen dan lahan yang dilakukan pembersihan sebelum di tanam bibit. Termasuk yang telah dilakukan pembakaran jerami.

Tujuannya adalah untuk melakukan analisis perbedaan warna yang akan di bahas dalam perentasi di hari berikutnya.

Operator Drone sedang mengawal proses Akusisi Data dengan mendapatkan Image di udara

Hari kedua sebelum presentasi di Gedung Serbaguna Balai Desa Karangtawang, pada pagi harinya, pihak Eidara Matadata Presisi dan Danarta Saudara Sejahtera melakukan interview singkat kepada petani sambil melihat lansung ke lahan-lahan yang terdapat perbedaan kontur dari image udara.

Jam 13.30 (30/08/2019) tepatnya setelah Solat Jumat di Gedung Serbaguna, Balai Desa karangtawang dilakukan presentasi mengenai analisis yang telah dilakukan. Kegiatan di laksanakan yang di monitor dan di moderatorkan lansung oleh Ibu Ninin Setianingsih dan Bapak Jajat Duriyat ini berlansung menjelang waktu asar kurang lebih jam 15.15 sore hari.

Beberapa GAPOKTAN telah hadir sebelum acara di mulai

Peserta undangan yang hadir terdiri antaranya dari Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) dan Angota BPD Desa Karangtawang yang di inisiasi oleh Ketua Posluhdes Karangtawang Karangtawang Bapak Otong Madhuri sebagai Kelapa Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Desa Karangtawang dan Admin Pelaksana Posluhdes Bapak Budiawansah.

Ibnu Ninin Setia Ningsih sedang me-Moderator Kegiatan Presentasi

Terjadi interaksi yang aktif antara pihak yang melakukan presentasi dan para Gapoktan serta Pihak BPD dalam tujuan dan fungsinitas penggunaan alat Drone untuk fungsi Pertanian.

Kesimpulan yang admin dapatkan dari semua kegiatan ini selain wawasan pihak-pihak Penyuluhan mendapat pengetahuan baru juga bisa lansung dapat melihat reaksi aktif dari para petani yang tergabung dalam GAPOKTAN.

Tim Presentasi dari Eidara Matadata Presisi dan Danarta Saudara Sejahtera melakukan Akusisi Data

Secara singkat mungkin belum semua petani mampu memahami konsep dan tujuan penggunaan serta efektivitas dari penggunaan pelatan berteknologi canggih seperti ini. Berangkat dari ini semua Posluhdes Karangtawang kedepanya jika berjalan lancar sesuai rencana Demplot Laporatorium Penyululuhan Lapangan Desa Karangtawang yang akan didirikan nantinya akan menjadi Pos Penyuluhan yang bertindak sebagai penyuluh yang akan menjelaskan secara bertahap mengenai teknologi ini. [Syah]

Semoga Bermanfaat...

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notifikasi :
Selamat Datang di situs web Posluhdes Karangtawang.
Semoga bermanfaat untuk semua pengunjung!
OK