Petani, Ayo Tinggalkan Pola Pikir Konsumtif dan Beralih ke Ekonomis -->
Terbaru
Loading...

Selasa, 30 Juli 2019

Petani, Ayo Tinggalkan Pola Pikir Konsumtif dan Beralih ke Ekonomis

Petani, Ayo Tinggalkan Pola Pikir Konsumtif dan Beralih ke Ekonomis
Panen dan Ubinan di Blok Tajur, Dusun Jatinunggal, Desa Karangtawang (photo oleh Ninin Setianingsih)

Tidak mudah memang namun harus di lakukan meski sulit bagaimana cara agar pola pikir petani bisa berubah dari pola pikir Konsumtif menjadi Ekonomis.

Hal ini karena saat kami dari tim penyuluhan Posluhdes Karangtawang berkali-kali mengunjungi Kelompok Tani dari berbagai Poktan dan berkomunikasi dalam bentuk non-formal alias ngobrol santai di beberapa kesempatan belum lama ini menilai bahwa cara berfikir petani masih dalam skala Konsumtif.

Kami di tim penyuluhan sangat berharap Petani-petani kami mampu keluar dari cara berfikir yang, "cukup makan ya udalah...". Tidak, jangan sampai demikian terus!

Artinya, petani jika bertani/berkebun, maka hasilnya tidak hanya untuk dimakan, tetapi juga bisa dijual. Dengan demikian, ada pendapatan bagi keluarga dari usaha bertani/berkebun tersebut agar mampu memperbaiki ekonomi keluarga petani tersebut.

Kegiatan Demo Trial Mapping Drone di Blok Tajur, Dusun Jatinunggal, Desa Karangtawang

Mengubah pola pikir petani tersebut harus diikuti dengan cara bertani. Menurutnya, petani dengan sistem tradisional, lebih cenderung membuka usaha pertanian hanya memenuhi kebutuhan makan saja, sedangkan petani modern, membuka usaha pertanian dengan tujuan meningkatkan ekonomi keluarga.

Dengan begitu petani modern dalam menjalankan usaha pertaniannya, tentu saja memakai teknologi modern, mulai penyiapan lahan, penanaman hingga pemanenan.

Penerimaan Benih dari APBN kepada Poktan Mujur Sari 2, Desa Karangtawang

Ayo silahkan datang atau undang kami dan bertanya dan diskusi kepada kami dari Tim Pelaksana Penyuluhan dan Pendaping dari PPL kita diskusikan dan musyawarahkan bagaimana cara agar petani-petani kita bisa berkembang dan mempunyai nilai produksi di tingkat pertanian. Ayo kita mulai dari Desa kita.

Share with your friends

Notifikasi :
Selamat Datang di situs web Posluhdes Karangtawang.
Semoga bermanfaat untuk semua pengunjung!
OK